Sejarah Hidangan Soup atau Sop






















Soup adalah makanan terutama cair, umumnya disajikan hangat atau panas (tapi mungkin dingin atau dingin), yang dibuat dengan menggabungkan bahan daging atau sayuran dengan stok, atau air. Sup panas tambahan ditandai dengan merebus bahan padat dalam cairan dalam panci sampai rasa diekstrak, membentuk kaldu. Sup mirip dengan Stews, dan dalam beberapa kasus mungkin tidak ada perbedaan yang jelas antara keduanya; Namun, sup umumnya memiliki lebih banyak cairan (kaldu) daripada rebus. 1

Dalam masakan tradisional Perancis, sup diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama: sup bening dan sup kental. Klasifikasi Perancis yang mapan dari sup yang jelas adalah Bouillon dan consommé. Sup tebal diklasifikasikan tergantung pada jenis zat pengental yang digunakan: purées adalah sup sayur menebal dengan pati; bisques yang terbuat dari kerang bubur atau sayuran menebal dengan krim; sup krim dapat menebal dengan saus béchamel; dan veloutés yang menebal dengan telur, mentega, dan krim. Bahan lain yang biasa digunakan untuk menebal sup dan kaldu termasuk telur, [2] beras, lentil, tepung, dan biji-bijian; banyak sup populer juga termasuk labu, wortel, kentang, trotters babi dan sarang burung.

Jenis sup lainnya termasuk sup buah, sup pencuci mulut, sup pulsa seperti Split Pea, sup dingin dan gaya lainnya.

Sejarah

(William-Adolphe Bouguereau, 1865)
Bukti keberadaan sup dapat ditemukan sejauh sekitar 20.000 SM. [3] mendidih bukan teknik memasak umum sampai penemuan wadah tahan air (yang mungkin datang dalam bentuk pembuluh tanah liat). Menyembunyikan hewan dan keranjang kedap air dari kulit atau alang yang digunakan sebelum ini. Untuk merebus batuan air panas digunakan. Metode ini juga digunakan untuk memasak biji dan tanaman lainnya.

Kata sup berasal dari Perancis soupe ( "sup ",  "kaldu "), yang datang melalui vulgar Latin Suppa ( "roti direndam dalam kaldu ") dari sumber Jermanik, dari yang juga datang kata  "SOP ", sepotong roti yang digunakan untuk menyerap sup atau rebus tebal.

Kata Restoran (yang berarti  "[sesuatu] memulihkan ") pertama kali digunakan di Perancis pada abad ke-16, untuk merujuk pada yang sangat terkonsentrasi, murah sup, dijual oleh pedagang kaki lima, yang diiklankan sebagai penangkal kelelahan fisik. Pada 1765, seorang pengusaha Paris membuka toko yang mengkhususkan diri dalam sup tersebut. Hal ini mendorong penggunaan Restoran kata modern untuk pendirian makan.

Di Amerika Serikat, buku masak kolonial pertama diterbitkan oleh William Parks di Williamsburg, Virginia, pada 1742, berdasarkan Eliza Smith's The Compleat ibu rumah tangga; atau dilakukan Gentlewoman Companion, dan itu termasuk beberapa resep untuk sup dan bisques. Sebuah 1772 masak, The Frugal ibu rumah tangga, berisi seluruh bab tentang topik. Masakan Inggris didominasi kolonial awal memasak; tetapi sebagai imigran baru tiba dari negara lain, sup nasional lainnya mendapatkan popularitas. Secara khusus, imigran Jerman yang tinggal di Pennsylvania terkenal dengan sup kentang mereka. Pada 1794, Jean Baptiste Gilbert Payplat dis Julien, seorang pengungsi dari Revolusi Perancis, membuka sebuah pendirian makan di Boston disebut  "The Restorator ", dan kemudian dikenal sebagai  "Prince of sup ". Pamflet memasak Amerika pertama yang didedikasikan untuk resep sup ditulis dalam 1882 oleh Emma Ewing: sup dan pembuatan sup.

Sup portabel ini dirancang pada abad ke-18 oleh mendidih daging dibumbui sampai kental, sirup resin dibiarkan yang dapat dikeringkan dan disimpan selama berbulan-bulan pada suatu waktu.

Produk komersial

Sebuah iklan untuk sup kalengan Campbell, sekitar 1913
Sup komersial menjadi populer dengan penemuan Pengalengan di abad ke-19, dan hari ini berbagai macam sup kaleng dan kering berada di pasar.

Kaleng
Sup kaleng (kental dengan cairan yang ditambahkan, juga disebut  "siap-untuk-makan ") dapat disiapkan dengan hanya pemanasan dalam panci, daripada benar-benar memasak apa pun. Hal ini dapat dibuat pada kompor atau microwave. Sup tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk sup buatan sendiri, dengan konsumen menambahkan sesuatu dari beberapa sayuran untuk telur, daging, krim atau pasta. Dokter John T. Dorrance, seorang kimiawan dengan Campbell Soup Company, menciptakan sup kental pada 1897. 4 [5] sup kaleng dapat dipadatkan, dalam hal ini disiapkan dengan menambahkan air (atau kadang susu), atau dapat  "siap-untuk-makan ", yang berarti bahwa tidak ada cairan tambahan yang diperlukan sebelum makan. Kondensasi sup memungkinkan sup yang akan dikemas ke dalam kaleng yang lebih kecil dan dijual dengan harga yang lebih rendah daripada sup kaleng lainnya. Sup biasanya dua kali lipat dalam volume dengan menambahkan  "dapat penuh " air atau susu, tentang 10 US cairan ons (300 ml).

Sejak tahun 1990-an, pasar sup kalengan telah berkembang, dengan sup non-kental dipasarkan sebagai  "siap-untuk-makan ", sehingga mereka tidak memerlukan cairan tambahan untuk mempersiapkan. [rujukan?] Mangkuk microwaveable telah memperluas "siap-untuk-makan " pasar sup kaleng bahkan lebih, menawarkan kenyamanan (terutama di tempat kerja), dan membuat untuk makan siang populer item. Dalam menanggapi keprihatinan atas efek kesehatan negatif dari asupan garam yang berlebihan, beberapa produsen sup telah memperkenalkan versi garam berkurang sup populer. 6

Hari ini, Campbell tomat (diperkenalkan di 1897), krim jamur, dan mie ayam (diperkenalkan di 1934) adalah tiga dari sup yang paling populer di Amerika. Amerika mengkonsumsi sekitar 2.500.000.000 mangkuk dari tiga sup sendirian setiap tahun. [4] merek sup populer lainnya termasuk Progresso.

Kering

Sup mie Ramen kering adalah makan siang populer item.
Campuran sup kering yang dijual oleh banyak produsen, dan dibentuk kembali dengan air panas; bahan segar lainnya kemudian dapat ditambahkan.

Sup kering pertama adalah Bouillon kubus; ekstrak daging sebelumnya tidak memerlukan pendinginan, tetapi merupakan cairan kental.

Sup mie instan bergaya Asia Timur termasuk Ramen dan bumbu, dan dipasarkan sebagai makanan instan yang nyaman dan murah, hanya membutuhkan air panas untuk persiapan. 7

Sup kering bergaya Barat termasuk sayur, ayam dasar, kentang, pasta dan keju rasa.

Jenis

Sup Hidangan Utama

Untuk daftar yang lebih komprehensif, lihat daftar sup.
Dalam masakan Perancis, sup sering disajikan sebelum hidangan lain dalam makanan. Pada 1970, Richard Olney memberikan tempat hidangan dalam menu penuh Perancis:  "makan malam yang dimulai dengan sup dan berjalan melalui kursus ikan, hidangan pembuka, sorbet, panggang, salad, keju dan makanan penutup, dan yang dapat disertai oleh dari tiga sampai enam anggur , menyajikan masalah khusus orkestrasi  ". 8

Dessert
Chè, sup makanan penutup dingin Vietnam yang mengandung gula dan santan, dengan berbagai jenis bahan lainnya termasuk Talas, singkong, kacang adzuki, kacang hijau, nangka, dan durian.
Ginataan, sup Filipina terbuat dari santan, buah-buahan dan mutiara tapioka, disajikan panas atau dingin
Shiruko, sup Kacang azuki Jepang
Tong Sui, istilah kolektif untuk sup manis Cina
Sawine, sup yang dibuat dengan susu, bumbu, bihun kering, almond, dan buah-buahan yang dikeringkan, disajikan selama festival Muslim Idul Fitri di Trinidad dan Tobago
Sup makanan penutup Cina termasuk Douhua dan sup wijen hitam
Buah
Artikel utama: sup buah
Sup buah disiapkan menggunakan buah sebagai bahan utama, dan dapat disajikan hangat atau dingin tergantung pada resep. Banyak jenis sup buah yang ada, dan mereka dapat dipersiapkan berdasarkan ketersediaan buah musiman.

Dingin

Salmorejo adalah varian tebal dari Gazpacho yang berasal dari Andalusia.
Sup dingin adalah variasi tertentu pada sup tradisional, di mana suhu ketika disajikan disimpan pada atau di bawah suhu kamar. Mereka mungkin manis atau gurih. Di musim panas, sup dingin yang manis dapat membentuk bagian dari nampan makanan penutup. Sebuah contoh dari sup dingin yang gurih adalah Gazpacho, sup sayuran dingin berbasis yang berasal dari Spanyol. [9] vichyssoise adalah pure kentang, daun bawang, dan krim.

Asia
Artikel utama: Asia sup
Sebuah fitur dari sup Asia Timur yang biasanya tidak ditemukan dalam masakan Barat adalah penggunaan tahu dalam sup. Banyak sup tradisional Asia Timur biasanya broths,  "jelas sup ", atau Pati menebal sup.

No comments:

Post a Comment

Pages