World Clean Up Day Sebagai Ajang Refleksi Lingkungan




Dalam rangka memperingati World Clean Up Day 2019,
Ratusan peserta yang terdiri dari 40-an jejaring lintas komunitas bergabung dengan masyarakat desa Sindanglaya Cipanas mengikuti acara kerja bakti masal dijalan Taman Makam Pahlawan Cipanas

Ketua Pelaksana World Clean Up Day wilayah Cianjur yang juga Executive Vice President Junior Chamber International Chapter Cianjur, Ihsan Waluyo, mengatakan gerakan ini bertujuan membangkitkan kembali semangat gotong royong dan cinta lingkungan yang hari-hari ini mulai pudar di masyarakat. World Clean Up Day kali ini dilakukan serentak oleh lebih dari 150 negara di dunia dan menargetkan partisipasi 5% dari populasi dunia atau sekitar 380 juta orang terlibat untuk bersih-bersih sampah di lingkungan sekitar selama satu hari.

Ratusan peserta menunjukkan antusiasmenya dengan berkontribusi dalam mengumpulkan sampah dijalan jalan bahkan diselokan pada gerakan pemungutan sampah global ini.

Dari aksi tersebut terkumpul sampah organik sebanyak 800 kilogram dan sampah non organik sebanyak 750 kilogram.

Ia berharap kegiatan bersih-bersih lingkungan memberikan efek panjang terhadap kesadaran masyarakat khususnya sekitar cipanas umumnya cianjur

Permasalahan sampah adalah tanggung jawab setiap orang. untuk itu kita semua harus bersama-sama untuk mengatasinya, Jadi, bukan hanya kegiatan seremoni hari ini saja, tapi membekas dan menjadi kegiatan rutinitas warga," kata Ihsan.

Disisi lain Riki penggerak panti asuhan sampah yg juga terlibat dalam gerakan ini menututurkan bahwa kerja bakti merupakan sebuah kegiatan rutinitas diwilayah kampungnya sebagai ajang bersilaturahmi antar warga.

Rangkaian kegiatan ini selain gerakan bersih sampah juga dilakukan launching program panti asuhan sampah dan ikrar lingkungan hidup lintas komunitas sebagai wujud keseriusan menanggulangi permasalahan sampah yang berkelanjutan, sebagai bukti serius masyarakat untuk penyelamatan lingkungan.

No comments:

Post a Comment

Pages