Pengrajin Wayang Golek di Ciranjang

📸 @isnaeni_khoerunnisa 
Beberapa Waktu lalu sempet baca peta destinasi budaya dan kuliner Cianjur, terus di bawah tertera "Wayang Golek (Ciranjang)" 

Yuk berkenalan dengan Bah Ishak pengrajin wayang golek dari bahan limbah, banyak cerita menarik dan wawasan baru tentunya jangan lupa mampir untuk beli cenderamata wayang dan demi memajukan ekonomi kreatif sekitar kita !
.
Lokasi di sekitar stasiun Ciranjang Arah Jembatan Turbin sebelah kanan rel
.
Simak juga artikel yang mimin infociranjang temukan terkait kerajinan wayang goek di Ciranjang :
"Ishak Suhendra , pemilik sanggar kerajinan wayang golek di Jalan Raya Andir Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur ini tetap setia menggeluti kerajinan pembuatan wayang golek meski peminatnya semakin menurun. Ishak terlihat tengah mengamplas kepala wayang golek buatannya di depan Sanggar Kerajinan Wayang Golek Sang Putra Cianjur. Semua proses pembuatan wayang golek hampir ia lakukan sendiri. Dari pembuatan pola wayang pada kayu hingga proses akhir pewarnaan. 
Tampak terpampang wayang golek hasil karyanya seperti Pandawa Lima, Semar, Si Cepot dan lainnya. Kerajinan tersebut pun sudah ditekuni sejak berusia 11 tahun, Pasang surut keberadaan kerajinan pun sudah dialaminya.
"Meski permintaan semakin hari semakin menurun, saya ingin wayang golek tetap ada"
katanya. Sambil mengamplas, Ishak mengatakan membuat wayang golek sangat sederhana. Bahan utama yang digunakan adalah kayu jenis Jen-jen atau kayu Lawe. Lalu dihaluskan melalui amplas, dan dibentuk sesuai dengan tokoh-tokoh pewayangan, dan diamplas lagi. Kemudian, di cat dan di persis serta lainnya.
"Semua tokoh wayang golek pernah saya buat. Sementara hal yang sulit membuat wayang golek adalah membentuk wajah atau muka salah satu tokoh wayang golek setelah itu paling pakaiannya"
ujarnya. Ia bercerita awal mulanya ia menekuni seni wayang golek, dari mulai hobi nonton wayang golek. Kemudian, mulai tertarik untuk mencoba membuat tokoh-tokoh wayang.
.
.
.
#limbah #wayang #wayanggoleksunda #wayanggolek #wayangindonesia #WonderfulIndonesia #cianjuran #cianjur #senirupa #kreasi #kerajinan #cenderamata #sunda #kesenian #ekonomikreatif #budaya #budayaindonesia #sanggar #pewayangan #photography #humaninterest #closeupphotography #infociranjang #infocianjurutara #intanusantara #cianjurhits 

No comments:

Post a Comment

Pages